Analisis Pengaruh Marketing Mix terhadap Keputusan Taruna/i memilih Kampus Politeknik Pelayaran Banten
Politeknik Pelayaran Banten
Politeknik Pelayaran Banten
Politeknik Pelayaran Banten
DOI:
https://doi.org/10.56943/ejmi.v2i1.17Persaingan dalam dunia pendidikan semakin hari semakin ketat, di Indonesia sendiri sudah banyak lembaga pendidikan yang awalnya memiliki peminat yang banyak tetapi karena beberapa faktor menjadikan lembaga semakin menurun, hal ini dikarenakan kurangnya pemahaman pengelolaan lembaga tersebut dalam membangun, mempertahankan serta mengembangkan strategi bisnis sebagaimana yang dibutuhkan pasar sekarang ini. Namun banyak juga lembaga pendidikan masuk dalam kategori baru tetapi peminatnya tidak kalah dengan lembaga yang terdahulu dan sampai saat ini masih tetap eksis dalam dunia pendidikan. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menganalisis pengaruh marketing mix terhadap keputusan taruna/i memilih Kampus Politeknik Pelayaran Banten. Tempat penelitian dilakukan di Poltekpel Banten dan dilaksanakan mulai bulan Januari 2020 sampai dengan Mei 2020. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan metode survei. Adapun proses penelitiannya bersifat deduktif dengan menggunakan analisis SEM AMOS. Populasi dalam penelitian ini adalah taruna/i Poltekpel Banten dengan jumlah sampel sebanyak 199 taruna/i. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Variabel yang diteliti adalah produk/program studi, harga/uang pendidikan, promosi, lokasi, orang, proses, bukti fisik dan keputusan taruna/i. Dari tujuh hipotesis yang diuji dalam penelitian ini ditemukan 7 hipotesis positif dan signifikan.
Keywords: Bukti Fisik dan Keputusan Taruna Harga/Uang Pendidikan Marketing Mix
Abdillah, Willy, and Jogiyanto Hartono. 2015. Alternatif Structural Equation Modelling (SEM) Dalam Penelitian Bisnis. Yogyakarta: ANDI.
Arsyad, Azhar. 2015. Media Pembelajaran. Ed. Revisi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Gazali, Sani. 2017. “Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Madani Balikpapan.” Jurnal Akuntansi Manajemen Madani 1(3): 83–95.
Habibah, Muhtamah Nur. 2017. “Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan (FITK) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.” Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Hidayatulloh, Muhammad Syarif. 2015. “Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Memilih Sekolah Menengah Atas (SMA) Yayasan Pendidikan Islam Darussalam Cimanggis-Ciputat.” UIN Jakarta.
Kalsum, Eka Umi. 2008. “Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Fakultas Ekonomi Universitas Al-Azhar Medan.” Universitas Sumatera Utara.
Lail, Nurul Kharomatul. 2018. “Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Siswa Memilih Sekolah Madrasah Aliyah Raden Intan.” JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) 6(5).
Lupiyoadi, Rambat. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa (Teori Dan Praktek). Jakarta: Salemba Empat.
Selang, Christian A.D. 2013. “Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Fresh Mart Bahu Mall Manado.” Jurnal EMBA 1(3): 71–80.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Dan Pengembangan Untuk Bidang Pendidikan, Manajemen, Sosial, Teknik : Research and Development. 3rd ed. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. 2007. Pemasaran Jasa. Edisi 1. Malang: Bayumedia Publishing.