Optimalisasi penerapan keselamatan kerja dalam upaya pencegahan kecelakaan kru pada saat bekerja di Kapal MV. Cepat
Politeknik Pelayaran Banten
Politeknik Pelayaran Banten
Politeknik Pelayaran Banten
DOI:
https://doi.org/10.62391/ejmi.v5i2.67Teknologi peralatan di atas kapal telah berkembang semakin canggih dan modern. Perkembangan teknologi tersebut tidak semata-mata dapat menghindarkan para awak kapal dari kecelakaan saat bekerja. Ada beberapa faktor utama penyebab terjadinya kecelakaan saat bekerja, seperti faktor internal dan faktor eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui optimalisasi penerapan keselamatan kerja di atas kapal. Pemerintah menerapkan peraturan menyangkut keselamatan dan keamanan kerja di atas kapal. Organisasi internasional seperti International Maritime Organization (IMO) juga menekankan kepada seluruh perusahaan di dunia internasional untuk memperhatikan keselamatan para awak kapal. Penelitian ini dilakukan di atas kapal semen dan dilaksanakan selama 12 bulan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif menggunakan metode wawancara dan observasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 22 orang, dengan jumlah sampel sebanyak 9 orang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa awak kapal telah menjalankan prosedur tentang keselamatan dengan baik, serta memastikan bahwa alat keselamatan yang ada selalu dalam kondisi lengkap dan baik.
The equipment technology on board ships has developed increasingly sophisticated and modern. The development of this technology can not only prevent ships from accidents while working. Several main factors cause workplace accidents, such as internal and external factors. This research aims to determine the optimization of the implementation of work safety on ships. The government implements regulations regarding work safety and security on ships. International organizations such as the International Maritime Organization (IMO) also put pressure on all companies in the global world to pay attention to the safety of ship crews. This research was conducted on a cement ship for 12 months. This research is included in qualitative research using interview and observation methods. The population in this study was 22 people, with a sample size of 9 people. The research results show that the ship's crew has carried out safety procedures well and ensured that the existing safety equipment is always in complete and good condition.
Keywords: Keselamatan Kerja Optimalisasi Penerapan
Pahlevi, R. (2021). Sempat turun, jumlah kasus kecelakaan pelayaran kembali meningkat pada 2021. Dapat diakses di https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/12/29/ sempat-turun-jumlah-kasus-kecelakaan-pelayaran-kembali-meningkat-pada-2021 pada 30 Desember 2021.
Shuen, Y. S., & Wahab, S. R. A. (2019). The relationship between safety communication and human factor accident at the workplace: A conceptual framework. Jurnal Kemanusiaan, vol. 25, no. 3, pp. 1-17.
Pemerintah Indonesia. (1970). Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja. Jakarta: Sekretariat Negara.
Hidayat, A., & Irvanda, M. (2022). Optimalisasi penyusunan dan pembuatan laporan untuk mewujudkan good governance. Hospitality, vol. 11, no. 1, pp. 281–290.
Tomuka, S. (2013). Penerapan prinsip-prinsip good governance dalam pelayanan publik di Kecamatan Girian Koto Bitung (Studi tentang pelayanan akte jual beli). Jurnal Politico, vol. 1, no. 3, pp. 1-15.
Laniari, M. (2015). Pelaksanaan pengelolaan kebijakan alokasi dana nagori (ADN) dalam meningkatkan pembangunan nagori di Kecamatan Bandar Huluan Kabupaten Simalungun. [Skripsi]. Medan: Universitas Medan Area.
Nurdin, R., & Tuara, N. A. (2020). Implementasi kebijakan dana DPPK kepuasan masyarakat Kelurahan Togolobe Kecamatan Pulau Hiri Kota Ternate. JUPEK: Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, vol. 2, no. 1, pp. 23–30.
Mudamakin, J. A. P. (2019). Optimalisasi penerapan keselamatan kerja di MV. New Glory. [Skripsi], Semarang: Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.
Tjahjanto, R., & Azis, I. (2016). Analisis penyebab terjadinya kecelakaan kerja di atas Kapal MV. CS Brave. Kapal: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kelautan, vol. 13, no. 1, pp. 13–18.
Patayang, M., & Lia, R. (2019). Penerapan elemen ISM Code untuk menunjang keselamatan pelayaran pada KM Pantokrator. Sebatik, vol. 23, no. 2, pp. 482–488.
Stevien, H. (2019). Optimalisasi manajemen keselamatan pada proses bunker di atas MT. B. Atlantic. [Skripsi]. Semarang: Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.