IMPLEMENTASI SISTEM REMUNERASI BADAN LAYANAN UMUM PADA POLITEKNIK PELAYARAN BANTEN
DOI:
https://doi.org/10.62391/ejmi.v5i1.59penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran bagaimana implementasi sistem remunerasi Badan Layanan Umum di Politeknik Pelayaran Banten dengan menggunakan teori implementasi yang dikembangkan oleh George Edward III. Pemberian remunerasi ini didasarkan pada capaian kinerja (Key Performance Indicator), yakni dengan menandatangani kontrak kinerja. Jika remunerasi diterapkan dengan benar, diharapkan para pegawai akan meningkatkan kinerjanya sehingga pelayanan terhadap masyarakat akan meningkat menjadi lebih baik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan model penelitian studi kasus. Hasil penelitian ini antara lain, dalam menerapkan sistem remunerasinya Politeknik Pelayaran Banten telah melakukan langkah-langkah seperti: menyusun tim penyusun remunerasi, penetapan kelas jabatan, penetapan penilaian kinerja perorangan dan proses pencatatan dan pembayaran remunerasi. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa realisasi kontrak kerja dalam implementasi sistem remunerasi di lingkungan Poltek Pelayaran Banten merupakan hal utama yang perlu dilaksanakan. Mengingat penilaian kinerja dalam remunerasi didasarkan pada capaian kerja masing-masing karyawan dan dosen. Mengoptimalkan komunikasi melalui media yang mudah diakses seluruh dosen dan karyawan untuk sosialisasi terkait remunerasi baik melalui penyampaian saat apel pagi dan melalui media whatsapp group pegawai. Sosialisasi kebijakan BLU yang mudah diakses para dosen dan karyawan, memberikan kemudahan pada sumber daya manusia di lingkungan Poltek Pelayaran Banten untuk memahami kebijakan remunerasi secara lebih baik. Sedangkan Peningkatan koordinasi antar bidang dan kesesuaian disposisi di Politeknik Pelayaran Banten diperlukan untuk menunjang komunikasi dua arah sebagai landasan efektivitas implementasi sistem remunerasi dalam lembaga agar selalu terjadi kesesuaian antara disposisi yang diberikan dengan nota kebijakan sistem remunerasi BLU.
Keywords: Implementasi Remunerasi Teori Implementasi Kebijakan
Agrimahera, V.A.2014. Eva2luasi Sistem Remunerasi Dosen Badan Layanan Umum Perguruan Tinggi (Studi Kasus Universitas “X”). Skripsi. Universitas Brawijaya. Malang.
Blaskova, M. dan Blasko, R. 2014. Motivating University Teachers Through Prism Of Their Remuneration. Procedia Social and Behavioral Sciences Journal, 110pp. 595 – 606.
Chan, P. S. dan Land, C. 1999. Implementing Reenginering Using Information Teknology. Business Process Management Journal. Vol. 5. No.4 pp. 311-324.
Creswell, J. W. 2013. Penelitian Kualitatif dan Desain Riset: Memilih Di antara Lima Pendekatan. Sage Publication Inc. California.
Cunningham, J.B dan Kempling, J.S. 2009. Implementing Change in Public Sector Organization. Management Decision, 47 (2): 330-344.
Edward III, G.C. 1980. Implementing Public Policy. Congressional Quarterly Press. Washington DC
Frita, A.S.P. 2015. Implementasi Sistem Remunerasi Badan Layanan Umum Pada Politeknik Pelayaran Surabaya. Surabaya
Hasibuan, M.S.P. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia edisi revisi. Bumi Aksara. Jakarta.
Kasih, D.P.D. 2013. Eksistensi Badan Layanan Umum (BLU) Dalam Penyelenggaraan Fungsi Pemerintah. Tesis. Universitas Brawijaya Malang
Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 404/KMK.05 Tahun 2014 tentang Penetapan Politeknik Pelayaran Surabaya pada Kementerian Perhubungan sebagai Instansi Pemerintah yang menerapkan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum. Kementerian Keuangan. Jakarta.
Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 511/KMK.05 Tahun 2019 tentang Penetapan Remunerasi Bagi Pejabat Pengelola, Dewan Pengawas dan Pegawai Badan Layanan Umum Politeknik Pelayaran Banten pada Kementerian Perhubungan. Kementerian Keuangan. Jakarta.
Kristanti, D. 2013. Implementasi Program Remunerasi Berbasis Kinerja (Studi Implementasi Program Pemberian Honorarium Kinerja Pegawai Di Unit Instansi ‘X’). Tesis. Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.
Latief, A dan Harahap, Z. 2014. Pengembangan Model Remunerasi Berbasis KompetensiPada Universitas Terbuka. Jurnal Manajemen & Bisnis Vol 14 No. 01 April 2014 Issn 1693-7619.
Luthans, F. 2006. Perilaku Organisasi Edisi Sepuluh. Penerbit Andi, Yogyakarta.
Mahmudi.2013. Manajemen Kinerja Sektor Publik. UPP Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN. Yogyakarta.
Mahsun, M.2014. Pengukuran Kinerja Sektor Publik Edisi Pertama. BPFE. Yogyakarta.
Mc.Ginty, L.R. and Hanke,J. 1992. Compensation Management in Practise Merit-Pay Plans: Are The Truly Tied to Performance? Compensation and Benefits Management. Benefits Quarterly. First Quarter, Vol. 6 Issue 1, p75.
Miles, M.B and Huberman, A.M. 1984. Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods. Sage Publication. London
Moeheriono. 2012. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi Edisi Revisi. PT. Raja Gravindo Persada. Jakarta.
Moleong, L.J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.
Mondy, R.W. and Noe, R.M. 2005. Human Resource Management. Ninth Edition. Prentice Hall. United States America.
Nugroho, R. 2013. Metode Penelitian Kebijakan. Pustaka Pelajar. Yogyakarta
Peraturan Pemerintah Nomor 10 Tahun 2006 tentang Pedoman Penetapan Remunerasi Bagi Pejabat Pengelola,Dewan Pengawas Dan Pegawai Badan Layanan Umum. Jakarta.
Pingge, D. 2013. Filsafat Ilmu: Pendekatan Post-Positivistik. http://filsafat.kompasiana.com/2013/11/18/filsafat-ilmupendekatan-post positivistik-612037.html diakses tgl 15 Maret 2015
Prawirodirdjo, A.S. 2007. Analisis Pengaruh Perubahan Organisasi dan budaya Organisasi Terhadap Kepuasan dan Kinerja Pegawai Direktorat Jenderal Pajak. Tesis. Universitas Diponegoro. Semarang.
Rachmawati, E.N . 2008. Paradigma Baru Manajemen Sumber Daya Manusia (Merit Pay: Meningkatkan atau Menghalangi Kinerja).Amara Books. Yogyakarta.
Robbins, S. P. dan Judge, T.A. 2015. Perilaku Organisasi. Salemba empat. Jakarta
Salim, A. 2001. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial (Pemikiran Norman K. Denzin dan Egon Guba, dan penerapannya). PT. Tiara Wacana. Yogyakarta
Sancoko, B. 2010. Pengaruh Remunerasi terhadap Kualitas Pelayanan Publik. Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi Volume 17 No. 1 Jan–Apr 2010, hlm.43-51.
Sobirin, A. 2005. Meraih Keunggulan Melalui Pengintegrasian Sumber Daya Manusia dan Perencanaan Strategik. Jurnal Siasat Bisnis On Human Resources. Jakarta.
Sukoharsono, E.G. 2006. Alternatif Riset Kualitatif Sains Akuntansi: Biografi,
Supanto. 2010. Analisis Pengaruh Partisipasi Penganggaran terhadap
Trisnawati, N .2014. Sistem Remunerasi Dosen Badan Layanan Umum Perguruan Tinggi. Skripsi. Universitas Brawijaya. Malang.
Wahab, S.A. 2008. Analisis Kebijaksanaan Dari Formulasi ke Implementasi Kebijaksanaan Negara. Edisi Kedua. PT. Bumi Aksara. Jakarta.
Widodo, J. 2009. Analisis Kebijakan Publik.Bayumedia Publishing. Malang.
Yin, R. K. 2014. Studi Kasus: Desain dan Metode(M.D. Mudzakir, Trans). Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Yudhaningsih, R. 2011. Peningkatan Efektivitas Kerja Melalui Komitmen, Perubahan dan Budaya Organisasi. Jurnal Pengembangan Humaniora Vol. 11 No. 1. Semarang.