Analisis SWOT di Terminal Petikemas PT. Jakarta International Container Terminal (JICT)
Politeknik Pelayaran Banten
Politeknik Pelayaran Banten
Politeknik Pelayaran Banten
Politeknik Pelayaran Banten
DOI:
https://doi.org/10.62391/ejmi.v6i1.82Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pelayanan yang tepat untuk diterapkan di PT. Jakarta International Container Terminal (JICT) dalam bersaing dengan kompetitor dengan memperhatikan faktor inside dan faktor eksternal. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik analisis menggunakan matriks IFE-EFE, matriks IE, matriks SWOT, dan matriks QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Jakarta International Container Terminal (JICT) berada pada posisi develop and construct yang menggambarkan kondisi perseroan sedang tumbuh dan membangun, sehingga strategi yang sebaiknya dilakukan adalah strategi pengembangan dan peningkatan kapasitas arus peti kemas dengan mengoptimalkan pemanfaatan fasilitas dan lahan diterminal. Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan analisis SWOT dan matriks QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Hasil analisis SWOT merekomendasikan perusahaan harus melakukan strategi Strength-Oppotunity (SO) mencakup dua alternatif strategi yang kemudian diurutkan dengan matriks QSPM untuk mendapatkan strategi prioritas. Hasil matriks QSPM mengurutkan dua alternatif strategi yaitu strategi pengembangan dan peningkatan kapasitas arus peti kemas dengan mengoptimalkan pemanfaatan fasilitas dan lahan di terminal dengan skor TAS tertinggi sebesar 7,259 dan strategi membangun sinergiritas dengan patner bisnis untuk memenuhi ekspektasi pengguna jasa pelabuhan dengan skor TAS sebesar 6,801. Kedua strategi tersebut menjadi rekomendasi yang bisa dilakukan oleh perusahaan. Strategi yang sebaiknya diprioritaskan oleh perusahaan adalah mengembangkan dan meningkatkan kapasitas arus peti kemas dengan mengoptimalkan pemanfaatan fasilitas dan lahan di terminal.
Keywords: Matriks IFE matriks EFE matriks SWOT matriks QSPM
Rangkuti, F. (2016). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT. Jakarta: Gramedia.
Oktavia, N., Marimin, M., & Arkeman, Y. (2020). Strategi peningkatan kinerja operasional bongkar muat peti kemas: Studi kasus di PT Jakarta International Container Terminal. Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen (JABM), vol. 6, no. 2, pp. 344-355.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Jakarta: Alfabeta.
Triyono, A., Wicaksono, A., & Anwar, M. R. (2015). Kajian kinerja operasional dan strategi pengembangan Pelabuhan Umum Gresik. Jurnal Tata Kota dan Daerah, vol. 7, no. 1, pp. 1-12.
Sampit, M. M., Kindangen, P., & Wullur, M. (2016). Analisis rantai nilai gula aren (Studi kasus pada petani nira di Tomohon). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, vol. 4, no. 3, pp. 303-313.
Achmad, R. W. A., & Yulianah. (2022). Metodologi Penelitian Sosial. Batam: CV Rey Media Grafika.
Umrati, & Wijaya, H. (2020). Analisis Data Kualitatif Teori Konsep dalam Penelitian Pendidikan. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Majid, A. (2017). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Makassar: Penerbit Aksara Timur.
Ratnawati, S. (2020). Analisis SWOT dalam menentukan strategi pemasaran (Studi kasus di Kantor Pos Kota Magelang 56100). Jurnal Ilmu Manajemen, vol. 17, no. 2, pp. 58-70.
Widiyarini, W., & Hunusalela, Z. F. (2019). Perencanaan strategi pemasaran menggunakan analisis SWOT dan QSPM dalam upaya peningkatan penjualan PT Primavista Solusi. JABE (Journal of Applied Business and Economic), vol. 5, no. 4, pp. 384-397.
Leigh, D. (2009). SWOT analysis in Handbook of Improving Performance in the Workplace: Volumes 1‐3. Maryland: International Society for Performance Improvement (ISPI).