Analisis pengaruh pelayanan kepanduan dan penarikan kapal terhadap pencapaian target operasional pada PT Sinarmas LDA Usaha Pelabuhan
PIP Semarang
PIP Semarang
PIP Semarang
Politeknik Pelayaran Banten
DOI:
https://doi.org/10.62391/ejmi.v7i2.167Pelayanan kepanduan dan penarikan kapal merupakan komponen penting dalam menjamin kelancaran, keselamatan, serta efisiensi operasional pelabuhan. PT Sinarmas LDA Usaha Pelabuhan sebagai badan usaha pelabuhan menghadapi tantangan dalam pencapaian target operasional yang dipengaruhi oleh kualitas layanan pemanduan dan penarikan kapal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pelayanan kepanduan dan pelayanan penarikan kapal terhadap pencapaian target operasional perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 60 responden yang terlibat langsung dalam kegiatan operasional kepanduan dan penarikan kapal, dengan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 26, didukung oleh uji validitas, reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan kepanduan dan pelayanan penarikan kapal berpengaruh positif dan signifikan terhadap pencapaian target operasional, baik secara parsial maupun simultan. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa kedua variabel independen mampu menjelaskan sebagian besar variasi pencapaian target operasional. Temuan ini menegaskan bahwa peningkatan kualitas layanan kepanduan dan penarikan kapal merupakan faktor strategis dalam mendukung efektivitas, efisiensi, serta keselamatan operasional pelabuhan.
Pilotage and ship towing services play a crucial role in ensuring the smoothness, safety, and operational efficiency of port activities. PT Sinarmas LDA Usaha Pelabuhan, as a port service provider, faces challenges in achieving its operational targets, which are influenced by the quality of pilotage and towing services. This study aims to analyse the effect of pilotage services and ship towing services on the achievement of the company’s operational targets. A quantitative approach with a survey method was employed in this study. Data were collected through questionnaires distributed to 60 respondents directly involved in pilotage and towing operations, using purposive sampling techniques. Data analysis was conducted using multiple linear regression with the support of SPSS version 26, complemented by validity, reliability, and classical assumption tests. The results indicate that both pilotage and towing services have a positive and significant effect on the achievement of operational targets, both partially and simultaneously. The coefficient of determination reveals that the independent variables explain a substantial proportion of the variation in operational target achievement. These findings highlight that improving the quality of pilotage and towing services is a strategic factor in enhancing port operational effectiveness, efficiency, and safety.
Keywords: pelayanan pelabuhan target operasional pelabuhan Kepanduan kapal penarikan kapal
Ma’ruf, M., Trinarita, A., Zakiyah, N. S. N., & Jati, M. W. (2024). Analisis ketersediaan fasilitas Pelabuhan Ciwandan dan strategi pengembangannya. Innovative: Journal of Social Science Research, 4, 8600–8609.
Republik Indonesia. (2008). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran. Sekretariat Negara Republik Indonesia. https://peraturan.bpk.go.id/Details/39316
Khaerudin, R. B. (2024). Kajian revisi PM 57 Tahun 2015 dan PM 93 Tahun 2014 tentang pemanduan dan penundaan kapal. Jurnal Tropika Bahari, 2(1), 25–33.
Elis, N., Pakpahan, H. M., & Prasetyo, T. T. (2023). Pengaruh jumlah kapal tunda dan approach time terhadap kinerja operasional pelabuhan. Journal of Social Science Research, 3(5), 8766–8781. https://doi.org/10.5430/jssr.v3n5p8766.
Rahmatianti, D., Hidayati, R., & Himawan, A. (2022). Analisis risiko ketidaktercapaian standar ET:BT pelayanan kapal. Jurnal Mahasiswa Manajemen, 3(2), 197–215.
Priyohadi, N. D., & Ardiansyah, R. A. (2020). Analisis faktor penghambat kedatangan kapal terhadap kinerja perusahaan keagenan. Jurnal Baruna Horizon, 3(1), 147–155. https://doi.org/10.52310/jbhorizon.v3i1.34.
Direktorat Jenderal Perhubungan Laut. (2016). Standar kinerja operasional pelayanan pelabuhan (HK.103/2/18/DJPL-16). Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. https://hubla.dephub.go.id.
Pratama, S. A., & Permatasari, R. I. (2021). Pengaruh standar operasional prosedur dan kompetensi terhadap produktivitas kerja. Jurnal Ilmiah M-Progress, 11(1), 38–47. https://doi.org/10.35968/m-pu.v11i1.600.
Rustan, D. M. (2023). Pengaruh jasa tambatan, pemanduan, dan penundaan kapal terhadap pendapatan pelayanan kapal. Cendekia Akademika Indonesia, 2(4), 459–467.
Basara, M. S., Ashari, A., & Firman, A. (2023). Analisis pengaruh kualitas pelayanan jasa pemanduan dan penundaan terhadap kepuasan perusahaan pelayaran. Nobel Management Review, 4(3), 441–455.
Adipradana, T. (2024). Optimalisasi pelayanan pemanduan dan penundaan kapal guna peningkatan kinerja pelabuhan. Jurnal Transportasi Laut, 6(1), 1–12.
Ali, M. M., Hariyati, T., Pratiwi, M. Y., & Afifah, S. (2022). Metodologi penelitian kuantitatif dan penerapannya. Education Journal, 2(2), 1–6.
Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). SAGE Publications. https://us.sagepub.com/en-us/nam/research-design/book237357.
Machali, I. (2021). Metode penelitian kuantitatif. UIN Sunan Kalijaga Press. https://digilib.uin-suka.ac.id.
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2014). Multivariate data analysis (7th ed.). Pearson Education. https://www.pearson.com.
Notteboom, T., Pallis, A. A., & Rodrigue, J.-P. (2021). Port economics, management and policy: Contemporary issues and challenges. Maritime Economics & Logistics, 23(1), 1–15. https://doi.org/10.1057/s41278-020-00180-6.
Ghozali, I. (2021). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS (10th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro. https://undip.ac.id.
Umar, H. (2011). Metode penelitian untuk skripsi dan tesis bisnis. Rajawali Pers. https://rajagrafindo.co.id.
Susanto, S. A. (2017). Cara mudah belajar SPSS dan Lisrel. Alfabeta. https://alfabeta.co.id.
Aditiya, N. Y., Evani, E. S., & Maghfiroh, S. (2023). Konsep uji asumsi klasik pada regresi linier berganda. Jurnal Riset Akuntansi Soedirman, 2(2), 102–110.
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2018). Multivariate data analysis in survey research. Journal of Marketing Analytics, 6(3), 120–135. https://doi.org/10.1057/s41270-018-0044-5.
Ghozali, I. (2020). Reliability and validity testing in quantitative research. Journal of Applied Statistics, 9(1), 45–56.
Susanto, S. A. (2017). Classical assumption testing in regression models. Indonesian Journal of Statistics, 5(2), 89–101.
Slack, B., Notteboom, T., & Ducruet, C. (2020). Port economics, management and policy. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780429344660.
International Maritime Organization. (2020). SOLAS: Consolidated edition. IMO Publishing. https://www.imo.org.
Pallis, A. A. (2019). Port services, safety, and operational performance. Maritime Policy & Management, 46(3), 257–273. https://doi.org/10.1080/03088839.2019.1569123.
Notteboom, T., & Rodrigue, J. P. (2017). Port regionalization and integrated port operations. Journal of Transport Geography, 58, 1–13. https://doi.org/10.1016/j.jtrangeo.2016.11.002.
