Final Disbursement Account (FDA) dan Upaya Penyelesaiannya di PT. Forecastle Indonesia Cabang Merak Sebagai Perusahaan Keagenan Kapal
politeknik pelayaran banten
DOI:
https://doi.org/10.62391/ejmi.v7i2.168Seluruh tagihan yang dikeluarkan oleh agen pelayaran atas nama ship owners sehubungan dengan pelayanan kapal yang dilakukannya sering kali disebut sebagai Final Disbursement Account (FDA). Tujuan utama dari makalah ini adalah mengupayakan penyelesaian FDA dari berbagai macam kendala yang dihadapi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode observasi, dokumentasi, dan interview/wawancara. Adapun kendala yang menyebabkan terhambatnya penyusunan Final Disbursement Account (FDA) antara lain terdapat beberapa biaya dan lampiran dokumen pendukung yang tidak terkumpul, keteledoran dalam menyimpan berkas sehingga menyebabkan beberapa dokumen hilang dan tercecer, kurangnya informasi dan tenaga sumber daya manusia tambahan dalam menunjang keefesienan kegiatan operasional perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan tiga hari setelah kapal berangkat pihak admin perusahaan menghubungi instansi terkait mengenai penerbitan tagihan jasa kepelabuhan yang telah digunakan, memonitor setiap dokumen yang datang di perusahaan, melakukan pengonfirmasian ulang mengenai beberapa biaya yang belum dilaporkan oleh pihak boarding kapal agar dapat dilakukan proses pendataan, mengelompokkan setiap dokumen ke dalam folder tertutup, memberikan pelatihan dengan mendatangkan sumber daya manusia yang sudah ahli di bidangnya. Penelitian ini menyarankan agar perusahaan dapat melakukan pencadangan data, membuat Standart Operating Procedure (SOP) guna memastikan pekerjaan dilakukan dengan konsisten, efisien, dan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dan dijalankan oleh perusahaan.
Keywords: Agen Pelayaran Ship Owners Final Disbursement Account (FDA)
Anggreani, V. & Nugraha, D. (2022). Pengaruh Keterlambatan Pembayaran Final Disbursement Account Terhadap Kelancaran Operasional Kapal Di PT. Bilqis Mutiara Bahari Merak. Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta.
Astuti, N. S. (2018). Hubungan Keterlambatan Waktu Pelayanan Dokumen Terhadap Jumlah Kunjungan Kapal Pada PT. Bintang Samudra Utama Cabang Merak. Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran.
Hardani., Andriani, H., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., Sukmana, D. J., Auliya, N. H. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta. CV Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.
Khairani, A. I., Manurung, W. R. A. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif Case Study. Jakarta Timur. CV Trans Info Media.
Kosasih, E. & Soewedo, H. (2007a). Manajemen Perusahaan Pelayaran Suatu Pendekatan Praktis dalam Bidang Usaha Pelayaran: Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. Kosasih, E. & Soewedo, H. (2007b). Manajemen Keuangan Akuntansi Perusahaan Pelayaran Suatu Pendekatan Praktis Dalam Bidang Usaha Pelayaran: Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Kwartama, A., Veronika, F. R., Indriawan, D. (2018). Pengantar Manajemen Pelayaran Niaga. Jakarta. Djangkar.
Mardiana, S. & Khatun, S. S. (2020). Disbursement Jasa Keagenan Kapal Di PT. Dian Samudra Line Cabang Surabaya. Jurnal Manajemen Pelayaran Nasional.
Megajayanti, A. D. (2022). Upaya Penyelesaian Dalam Pembuatan Disbursement Keagenan Kapal Di PT. Indo Dharma Transport Cabang Surabaya. Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.
Rustina, E., Pratama, D., Istiyani, F., Ramadhan, G., Wisana, J. (2023). Pelayanan Agen Pelayaran Dalam Aktivitas Kepelabuhanan. Jateng. Underline.
Sasono, H. B. (2012). Manajemen Pelabuhan & Realisasi Ekspor Impor. Yogyakarta. CV Andi Offset.
Suyono, R. P. (2017). Shipping Pengangkutan Intermodal Ekspor Impor Melalui Laut Edisi Revisi. Jakarta. PPM.
