Analisis fungsi dasar manajemen pada penerapan Single Truck Identification Data (STID) di KSOP Utama Tanjung Priok
Politeknik Pelayaran Banten
Politeknik Pelayaran Banten
Politeknik Pelayaran Banten
Politeknik Pelayaran Banten
DOI:
https://doi.org/10.62391/ejmi.v6i2.97Single Truck Identification Data (STID) adalah sistem identifikasi truk berbasis kartu tunggal yang dikelola secara terpusat di bawah pengawasan Otoritas Pelabuhan dan dioperasikan oleh Badan Usaha Pelabuhan. Sistem ini bertujuan meningkatkan efisiensi pelayanan pelabuhan, terutama dalam memperlancar arus barang, serta mempermudah penentuan tanggung jawab dalam kasus kecelakaan truk. Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan fungsi manajemen dalam implementasi STID di Pelabuhan Tanjung Priok serta mengidentifikasi kendala yang muncul selama proses tersebut. Penelitian berlangsung selama enam bulan di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi langsung, dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan STID dilakukan secara sistematis, mulai dari proses pendaftaran hingga pengawasan, dengan pengendalian oleh pihak berwenang. Namun, berbagai kendala teknis dan operasional ditemukan yang berpotensi menghambat pencapaian tujuan STID. Evaluasi dan langkah strategis diperlukan untuk mengatasi hambatan tersebut guna memastikan keberhasilan implementasi STID.
Keywords: Fungsi manajemen kinerja pelayanan
Pemerintah Republik Indonesia. (2008). Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.
Pemerintah Republik Indonesia. (2020). Instruksi Presiden Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penataan Ekosistem Logistik Nasional dan Penataan Pelabuhan. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.
Qornita, D., & Adiputra, Y. (2023). Penerapan Single Truk Identification (STID) untuk menunjang produktivitas truk pengangkut peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok. Jurnal Ilmiah Kemaritiman Nusantara, vol. 3, no. 2, pp. 98-106.
Adriani, J., & Adzra, Y. (2023). Constraints in the application of Single Truck Identification Data for operations at Tanjung Emas Port. RSF Conference Proceeding Series: Engineering and Technology, vol. 3, no. 1, pp. 170-174.
Dirjen PL. (2022). Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor KP-DJPL 513 Tahun 2022 tentang Penetapan Pelaksanaan Data Identifikasi Truk Tunggal untuk Penataan Ruang Pelabuhan di Indonesia. Jakarta: Direktur Jenderal Perhubungan Laut.
Surur, N., Gunawan, W., & Sutrisno, B. (2020). Manajemen kinerja Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan kelas IV Banda Naira dalam meningkatkan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) tahun 2020. JANITRA (Jurnal Administrasi Pemerintah), vol. 2, no. 1, pp. 116-135.
Schein, E. H. (2010). Organizational Culture & Leadership (4th ed.). San Francisco: Jossey-Bass Publishers.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, & R&D. Bandung: Alfabeta.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Los Angeles, CA: Sage Publications.
Silalahi, U., & Mifka, S. A. (2011). Asas-Asas Manajemen. Bandung: Refika Aditama.
Fahmi, I. (2012). Analisis Laporan Keuangan (Cetakan ke-2). Bandung: Alfabeta.
Wijayanto, D. (2012). Pengantar Manajemen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Abigael, M. (2023). Pengaruh Digitalisasi Entry Port Truck Terhadap Kualitas Layanan di Lingkungan Kerja Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok. Jakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran.
Ridhotullah, S., & Jauhar, M. (2015). Pengantar Manajemen. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Hasibuan, M. S. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi Revisi). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Mazmanian, D. A., & Sabatier, P. A. (1981). Implementation and Public Policy. New York: University Press of America.
Handoko, T. H. (2009). Manajemen. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Terry, G. R. (2011). Prinsip-Prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
Kahfi, A. (2020). Pengaruh pola manajemen terhadap kinerja karyawan di perusahaan keagenan PT. Haswarpin Group Batam. Skripsi. Jakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran.
Rivai, V., & Basri, A. F. M. (2004). Performance Appraisal: Sistem yang Tepat untuk Menilai Kinerja Karyawan dan Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Setiawan, G. (2004). Implementasi dalam Birokrasi Pembangunan. Jakarta: Cipta Dunia.
Usman, B. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.