Pengukuran kepuasan pelanggan dalam pelayanan buku pelaut di Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok
Politeknik Pelayaran Banten
Politeknik Pelayaran Banten
Politeknik Pelayaran Banten
Politeknik Pelayaran Banten
Politeknik Pelayaran Banten
Politeknik Pelayaran Banten
Politeknik Pelayaran Banten
DOI:
https://doi.org/10.62391/ejmi.v6i2.94Kepuasan pelanggan adalah faktor kunci dalam memastikan kualitas layanan. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi pelayanan buku pelaut online di Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok selama 10 bulan menggunakan metode kualitatif melalui observasi, wawancara, dan survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Hasil penelitian menunjukkan nilai IKM tertinggi pada prosedur pelayanan dan kepastian biaya, masing-masing sebesar 3,66 (sangat baik). Sebaliknya, nilai IKM terendah terdapat pada tanggung jawab petugas dalam pembatasan kuota berkas, yaitu 2,94 (baik). Rata-rata nilai IKM adalah 3,44 dengan konversi 86,03 (sangat baik). Temuan ini menunjukkan prosedur pelayanan sudah jelas dan memadai, namun peningkatan masih diperlukan pada aspek tanggung jawab petugas.
Keywords: Customer satisfaction seaman book service
Arianto, N. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan dan loyalitas pengunjung dalam menggunakan jasa Hotel Rizen Kedaton Bogor. Skripsi. Tangerang: Universitas Pamulang).
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Prinsip-Prinsip Marketing (Edisi 7). Jakarta: Salemba Empat.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2019). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Edisi 12, Jilid I). Jakarta: Erlangga.
Tjiptono, F. (2017). Pemasaran strategik. Yogyakarta: Andi.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Sugiyono. (2019). Metodologi penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.