Analisis keterlambatan pergantian awak kapal di PT Samudera Daya Maritim
Politeknik Pelayaran Banten
Politeknik Pelayaran Banten
Politeknik Pelayaran Banten
DOI:
https://doi.org/10.62391/ejmi.v5i2.68PT Samudera Daya Maritim merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang Crew Manning Agency (Crewing). Sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang crewing tentunya harus memiliki tim rotasi awak kapal di dalam usahanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan sekaligus pemecahan masalah yang dilakukan oleh PT Samudera Daya Maritim selaku crew manning agency dari PT Samudera Indonesia dalam hal keterlambatan pergantian awak kapal. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian adalah staf PT Samudera Daya Maritim. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Penelitian ini dilaksanakan di PT Samudera Daya Maritim mulai tanggal 18 Juli 2022 sampai 06 Juni 2023. Hasil dari penelitian ini adalah prosedur rotasi awak kapal yang dilakukan di PT Samudera Daya Maritim memiliki beberapa langkah yang sesuai berdasarkan No. DOK SOP-COD-002/00 tanggal 09 Januari 2023; penyebab keterlambatan pergantian awak kapal yang akan naik dapat disebabkan oleh dokumen/sertifikat yang tidak lengkap juga direvalidasi dan hasil MCU yang belum fit for duty serta PKL yang terlambat; dan upaya yang dilakukan oleh PT. Samudera Daya Maritim untuk mengatasi masalah keterlambatan pergantian awak kapal antara lain pemberlakuan surat pernyataan, pemberian sanksi, penambahan PIC bagian PKL, adanya informasi dari perusahaan untuk para awak kapal. Selain itu, PT Samudera Daya Maritim menambahkan SDM di dalam masing-masing tim mereka.
PT Samudera Daya Maritim operates in the Crew Manning Agency (Crewing) sector. A company operating in the crewing industry must have a crew rotation team in its business. This research aims to solve obstacles and ship problems carried out by PT Samudera Daya Maritim as the crew manning agency of PT Samudera Indonesia in terms of delays in crew changes. This research method uses qualitative methods. The research subjects were the staff of PT Samudera Daya Maritim. Data collection methods use observation, interviews, documentation and literature study. The research was conducted at PT Samudera Daya Maritim from 18 July 2022 to 06 June 2023. The results of this research are that the crew rotation procedure carried out at PT Samudera Daya Maritim has several appropriate steps based on No. DOK SOP-COD-002/00 dated 09 January 2023; the causes of delays in changing the boarding ship can be caused by documents/certificates that are not complete or revalidated and MCU results that are not yet fit for duty as well as late PKL and the efforts made by PT. Samudera Daya Maritim to overcome the problem of delays in changing ship crews includes implementing a statement letter, giving sanctions, adding PICs to the PKL section, and providing information from the company for ship crews. Apart from that, PT Samudera Daya Maritim added human resources to their teams.
Keywords: Hambatan Perjanjian Kerja Laut (PKL) Prosedur
Dewa, A. L., Mafruhah, I., & Susilowati, I. (2020). Peran transportasi laut pada poros maritim dalam pengurangan disparitas antar wilayah di Indonesia. Surakarta: UNS Press.
Rohmah, N., Silen, A. P., & Sutrisno, Y. (2017). Mekanisme replacement crew kapal guna memperlancar crewing management di PT Jasindo Duta Segara. Jurnal Dinamika Bahari, vol. 8, no. 1, pp. 1918–1929.
Pemerintah Indonesia. (2008). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran. Jakarta: Sekretariat Negara.
International Maritime Organization (IMO). (2010). Standards of Training Certification and Watchkeeping for Seafarer (STCW) 1978 amendment 2010. London: International Maritime Organization (IMO).
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung Barat: PT Remaja Rosdakarya.