PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TARUNA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS MARITIM
DOI:
https://doi.org/10.62391/ejmi.v5i1.63Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui pengaruh motivasi intrinsik terhadap prestasi belajar Bahasa Inggris Maritim di taruna semester 3 Politeknik Pelayaran Banten, (2) mengetahui pengaruh motivasi ekstrinsik terhadap prestasi belajar bahasa Inggris maritim di taruna semester 3 Politeknik Pelayaran Banten, (3) mengukur pengaruh motivasi intrinsik dan ekstrinsik secara simultan terhadap prestasi belajar bahasa Inggris maritim di taruna semester 3 Politeknik Pelayaran Banten.
Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasi, teknik pengumpulan melalui observasi maupun angket. uji instrumen penelitian terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas, untuk uji asumsi klasik terdiri dari uji normalitas uji, multikorelitas dan uji heteroskedastisitas. Uji simultan (F) dan Uji parsial (t) digunakan dalam menganalisis regresi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tidak terdapat pengaruh motivasi intrinsic terhadap prestasi belajar bahasa Inggris maritim Taruna semester 3 Politeknik Pelayaran Banten; (2) tidak terdapat Pengaruh Motivasi ekstrinsik terhadap prestasi belajar bahasa Inggris maritim Taruna semester 3 Politeknik Pelayaran Banten; (3) tidak terdapat pengaruh motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik terhadap prestasi belajar bahasa Inggris maritim Taruna semester 3 Politeknik Pelayaran Banten.
Keywords: Motivasi Belajar , Prestasi Belajar Bahasa Inggris Maritim.
Ahmad Syafi’I dkk, Surabaya, 2018. Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi: Universitas Sunan Giri Surabaya
Baharuddin & Wahyuni, Esa Nur. (2009). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Bayu Winarno. 2013. Pengaruh Lingkungan Belajar dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Siswa Kompetensi Keahlian Teknik Otomasi Industri di SMK Negeri 2 Depok Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta
Brown, H. D. (2000). Teaching by principle: An interactive approach to language pedagogy (2nded.). San Francisco, California: Longman. Weiner, B. (1992). Human Motivation, Theories, and Research. Los Angeles: SAGE Publication.
Damanik, Bahrudi Efendi. 2019. Pengaruh Fasilitas Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar. Pematangsiantar. AMIK-STIKOM Tunas Bangsa
Dwi Lathif, 2012. Pengaruh Lingkungan Belajar, Minat Belajar, dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TIK Kelas X
Hamzah B. Uno (2012). Teori Motivasi & Pengukuranya Analisis Di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Hamalik Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara. 1992. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Lestari Budi. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar dan Pemanfaatan E-Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK N 2 Pengasih Kabupaten Kulon
Rasyid, Aminuddin. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Uhamka Press. 2003.
Ridwan. 2009. Metode dan Teknik Menyusun Karya Ilmiah. Bandung. Alfabeta
Sanadi, 2013. Pengaruh Motivasi dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE) Vol, 2013
Santosa dkk. 2020. Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran. Jakarta. Sekolah Tinggi Teologi IKAT
Sardiman AM. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Setyowati. 2012. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 13 Semarang. Universitas Negeri Semarang. (Online), (http://Wodrpres.Com, Diakses 26 November 2016).
Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sugiyono. 2012. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfa Beta.
Syaiful Bahri Djamarah. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Ulya, Uly. 2012. Pengaruh Minat Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV dan V pada MI
Usman Basyiruddin.2012. Media Pembelajaran. PT.Ciputar Press: Jakarta. Yamin, Martinis. 2003. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Ciputat: Gaung Persada Press.
Winkel, WS. 1984. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.