Pengaruh perang dagang global pada jaringan transportasi laut dan logistik dalam perdagangan internasional
Politeknik Pelayaran Banten
Akademi Maritim Nasional Jakarta Raya
DOI:
https://doi.org/10.62391/ejmi.v7i1.114Konflik perdagangan global, khususnya antara Amerika Serikat (AS) dan China, telah mengubah dinamika perdagangan internasional, memberikan dampak signifikan pada jaringan transportasi laut dan logistik. Sejak 2018, penerapan tarif dan kebijakan proteksionis telah menyebabkan perubahan pola perdagangan, ketidakpastian pasar, serta relokasi produksi ke negara-negara seperti Vietnam dan India. Transportasi laut, yang menangani sekitar 80% volume perdagangan global, menghadapi tantangan besar, termasuk perubahan rute pelayaran, fluktuasi volume pengiriman, dan kenaikan biaya logistik. Pelabuhan besar di China mengalami penurunan aktivitas, sementara pelabuhan di Asia Tenggara dan negara-negara alternatif lainnya mencatat peningkatan. Ketidakpastian dalam rantai pasok dan kebutuhan akan fleksibilitas operasional menjadi tantangan utama bagi perusahaan logistik. Selain itu, perubahan rute kapal berpotensi meningkatkan emisi karbon, menimbulkan tantangan lingkungan. Studi terbaru dalam jurnal seperti Maritime Policy & Management dan Transportation Research Part E mengungkapkan strategi adaptasi yang dilakukan oleh perusahaan pelayaran dan pelabuhan untuk menghadapi ketidakpastian ini. Analisis ini menekankan pentingnya kebijakan global yang terkoordinasi untuk mengurangi dampak negatif pada transportasi laut dan mendukung keberlanjutan industri maritim.
Keywords: Konflik perdagangan global perubahan industri maritim kebijakan global
DAFTAR PUSTAKA
Accenture. (2021). *COVID-19: Implications for business*.
Alphaliner. (2020). Global Container Shipping Market Overview.
Baldwin, R., & Evenett, S. J. (2020). *Revitalizing the World Trading System: A Global Perspective*.
Boston Consulting Group. (2019). *The Impact of Tariffs on the Automotive Industry*.
Brookings Institution. (2020). *The Geopolitical Implications of the US-China Trade War*.
Council on Foreign Relations. (2021). The Global Economic Impact of Trade Wars.
Deloitte. (2020). "The Future of Supply Chain: Lessons from COVID-19".
Deloitte. (2020). The Future of Supply Chain: Strategies for Resilience.
Deloitte. (2021). *Global Supply Chain Survey*.
Drewry Shipping Consultants. (2021). *Container Shipping Market Outlook*.
Drewry. (2020). Container Market Annual Review and Forecast.
Drewry. (2021). Global Container Market Outlook.
European Commission. (2021). Trade Relations with Southeast Asia.
Frost & Sullivan. (2020). Strategies for Adapting to Global Trade Disruptions.
Gartner. (2021). *Supply Chain Technology Trends*.
Gartner. (2021). The Impact of Digital Transformation on Supply Chain Efficiency.
IHS Markit. (2020). The Automotive Industry’s Response to Supply Chain Disruptions.
International Maritime Organization (IMO). (2020). *Maritime Safety and Environmental Protection*.
International Maritime Organization (IMO). (2021). Sustainability in the Maritime Sector.
International Monetary Fund (IMF). (2021). *World Economic Outlook*.
Lloyd's List. (2020). Shipping Industry Trends Amid Trade Tensions.
McKinsey & Company. (2020). *How COVID-19 is changing supply chain management*.
McKinsey & Company. (2020). The Impact of Trade Wars on Global Supply Chains.
McKinsey & Company. (2021). "How COVID-19 is Reshaping Supply Chains".
McKinsey & Company. (2021). Sustainability and Competitiveness in the Shipping Industry.
OECD. (2020). Economic Outlook: Trade Tensions and Their Impact on Global Growth.
Peterson Institute for International Economics. (2020). *The Economic Effects of Tariffs*.
Pew Research Center. (2021). Public Opinion on Trade and Globalization.
Port of Los Angeles. (2020). *Port Statistics*.
Port Technology. (2021). Collaborative Strategies in Port Operations.
PwC. (2021). *Global Supply Chain Trends*.