Uji performa model mesin kapal dengan menggunakan bahan bakar terbarukan di berbagai konsentrasi
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.62391/ejmi.v6i2.110Soy methyl ester merupakan salah satu contoh bahan bakar hayati (biofuel) yang memiliki potensi besar sebagai pengganti atau tambahan bahan bakar diesel. Biofuel adalah jenis bahan bakar yang berasal dari sumber organik, baik dalam bentuk cair, padat, maupun gas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis performa dan efisiensi penggunaan bahan bakar diesel dan soy methyl ester. Analisis dilakukan pada sistem permesinan Kirloskar AV1 dengan menggunakan bahan bakar diesel dan soy methyl ester, melalui simulasi menggunakan perangkat lunak Diesel RK. Penelitian ini memfokuskan pada empat parameter utama, yaitu daya mesin, konsumsi bahan bakar, tekanan rata-rata efektif rem (brake mean effective pressure), dan efisiensi mesin piston. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan soy methyl ester menyebabkan penurunan daya mesin, tekanan rata-rata efektif rem, dan efisiensi mesin piston. Namun, peningkatan konsumsi bahan bakar terlihat sebagai tren yang konsisten ketika soy methyl ester ditambahkan.
Keywords: Bahan bakar terbarukan B biofuel mesin kapal uji performa
Al-Enazi, A., Okonkwo, E. C., Bicer, Y., & Al-Ansari, T. (2021). A review of cleaner alternative fuels for maritime transportation. Energy Reports, vol. 7, no. 2021, pp. 1962-1985.
Mahapatra, S., Kumar, D., Singh, B., & Sachan, P. K. (2021). Biofuels and their sources of production: A review on cleaner sustainable alternative against conventional fuel, in the framework of the food and energy nexus. Food and Energy Nexus, vol. 4, no. 100036, pp. 1-12.
Wang, P. S., Thompson, J., Clemente, T. E., & Van Gerpen, J. H. (2010). Improving the fuel properties of soy biodiesel. Transactions of the ASABE, vol. 53, no. 6, pp. 1853–1858.
Mukherjee, K., Bhattacharjee, P., Roychowdhury, J., Das, B., Roy, S., & Das, M. C. (2023). Numerical investigation for performance and emission characteristics of a diesel engine fueled with soybean methyl ester biodiesel-diesel blend. Journal of Decision Analytics and Intelligent Computing, vol. 3, no. 1, pp. 257–269.
Lin, C. Y. (2013). Effects of biodiesel blend on marine fuel characteristics for marine vessels. Energies, vol. 6, no. 9, pp. 4945–4955.
Pham, V. V. (2019). Research on the application of diesel-RK in the calculation and evaluation of technical and economic criteria of marine diesel engines using the unified ULSD and biodiesel blended fuel. Journal of Mechanical Engineering Research and Developments, vol. 42, no. 2, pp. 87–97.
Al-Dawody, M. F., & Bhatti, S. K. (2011). Effect of soybean oil biofuel blending on the performance and emissions of diesel engine using Diesel-RK software. International Journal of Engineering Science and Technology (IJEST), vol. 3, no. 6, pp. 4539-4555.
Alrazen, H. A., Abu Thalib, A. R., Adnan, R., & Ahmad, K. A. (2016). A review of the effect of hydrogen addition on the performance and emissions of the compression–ignition engine. Renewable and Sustainable Energy Reviews, vol. 54, pp. 785–796.